Bekerja sebagai seorang agent customer service terlihat lebih mudah jika dibandingkan dengan pekerjaan yang lainnya. Mengapa? Hal ini dikarenakan yang terlihat adalah mereka hanya mengangkat telepon kemudian berbicara dengan pelanggan. Bahkan, untuk agent customer service di channel media sosial, mereka hanya melakukan komunikasi dengan pelanggan via chat. Tapi siapa sangka, skill wajib untuk menjadi seorang agent customer service tidak kalah nilainya. Yuk, kita lihat satu per satu.

  1. Memiliki Kesabaran – Pelayanan yang baik dapat dilakukan dengan memiliki kesabaran yang baik pula. Dengan begitu, agent dapat melayani seluruh karakteristik pelanggan yang datang bahkan yang sedang marah atau frustasi sekalipun.
  2. Menjadi Pendengar yang Baik – Memahami keluhan atau pertanyaan yang disampaikan pelanggan menjadi tantangan tersendiri. Jika kita salah mengartikan maksud pertanyaan pelanggan terus menerus, bisa membuat si pelanggan tambah jengkel bahkan membuat nilai perusahaan menjadi buruk.
  3. Memiliki Kemampuan Berkomunikasi – Menjelaskan produk atau menjawab pertanyaan pelanggan harus bisa disampaikan secara tepat. Seorang agent harus terlatih untuk menyampaikan pesan yang tidak bertele-tele dan mudah dipahami pelanggan.
  4. Memiliki Kemampuan untuk Membaca Pelanggan – Pemahaman beberapa prinsip psikologi perilaku dan tipe-tipe pelanggan wajib dipahami seorang agent customer service. Kenapa? Karena dengan memahami kondisi psikologi pelanggan tersebutlah agent dapat memilih teknik yang tepat dalam melakukan pelayanan.
  5. Memiliki Kemampuan untuk Mengelola Waktu – Efisiensi diperlukan dalam pelayanan, terutama apabila terdapat antrian yang panjang menunggu untuk dilayani. Jika memang ada hal yang perlu segera dialihkan, bisa langsung mengarahkan pelanggan tersebut ke bagian lain atau melakukan eskalasi.

Dapat disimpulkan bahwa agent cusromer service adalah garda depan sebuah perusahaan tempat mereka bekerja. Jadi, mereka diwajibkan agar mampu menguasai kondisi saat berhadapan dengan pelanggan pada situasi apapun.

Agent&Co saat ini mempunyai solusi digital recruitment, kontak kami di Get Started untuk informasi lebih lanjut.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *