Semakin berkembangnya teknologi belakangan ini, pekerjaan pun semakin beragam jenisnya. Salah satunya yang memiliki banyak peminat akhir-akhir ini adalah freelance.

Seorang freelancer bekerja dengan cara yang berbeda dengan karyawan kantoran biasa. Freelance terkenal dengan kebebasannya dan karyawan dengan waktunya yang terikat. Nah, sebenarnya apa saja sih perbedaan jika dilihat dari sisi positif dan negatifnya?

  1. Waktu Kerja – Karyawan memiliki waktu kerja yang terikat, biasanya tuntutannya bekerja penuh 5-6 hari kerja dalam seminggu selama 8-9 jam per harinya. Namun sebagai freelancer, waktu kerja bisa diatur sendiri dengan mengikuti kesepakatan yang berlaku.
  2. Penghasilan – Karyawan memiliki pendapatan yang tetap karena mendapatkan gaji pasti. Freelancer cenderung fluktuatif karena bergantung pada klien atau proyek apa yang sedang ia kerjakan. Jika memang sedang tidak ada pekerjaan, ya tidak memiliki penghasilan.
  3. Fasilitas – Selain mendapatkan pendapatan yang tetap, karyawan juga biasanya mendapatkan tunjangan hingga asuransi. Sedangkan freelancer akan membayar dari kantong pribadi jika ingin mempunyai asuransi.
  4. Sistem Kerja – Karyawan memiliki sistem kerja yang sudah terbentuk oleh perusahaan di tempat kerja. Memiliki atasan yang akan selalu ada sebagai supervisor, misalnya. Sedangkan freelancer, mereka bekerja secara mandiri. Tantangannya adalah, freelancer harus dapat mengatur dan memotivasi diri sendiri tanpa bantuan arahan dari orang lain.

Dari berbagai hal di atas kita dapat simpulkan bahwa keduanya memiliki aspek positif dan negatif. Bekerja sebagai freelancer menawarkan kebebasan dalam banyak hal tetapi resiko pendapatannya juga besar. Sedangkan karyawan, karena kondisi terkait dengan perusahaan, kebebasannya menjadi terbatas namun resiko kehilangan pendapatan lebih kecil, walaupun ada potensi resiko kehilangan pekerjaan karena perusahaannya tutup misalnya karena dampak pandemi.

Baik karyawan atau freelance bisa tetap survive jika mempunyai semangat belajar dan terus meningkatkan keahlian. Ikuti pelatihan dasar customer service GRATIS dengan bergabung menjadi Partner Agent&Co.

Bagi perusahaan yang membutuhkan solusi Digital Recruitment & Work From Home Solution, kontak Agent&Co di Get Started untuk informasi lebih lanjut.

Category
Tags

6 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *